Selasa, 12 Agustus 2008

Gravitasi Planet Dalam Sistem Tata Surya


Pernahkah kalian memikirkan bagaimana benda-benda langit yang beredar pada orbitnya masing-masing tidak saling bertabrakan? Bagaimana pula kita dapat berjalan di tanah, tidak melayang-layang di udara seperti kertas terbang? Semua terjadi karena ada gaya gravitasi pada masing-masing benda tersebut.
Konsepsi adanya gaya tarik-menarik atau dikenal dengan gaya gravitasi antara benda-benda di alam pertama kali dikemukakan oleh Sir Isaac Newton (1665).
Newton menemukan bahwa gaya yang bekerja pada sebuah apel yang jatuh dari pohon dan gaya yang bekerja pada Bulan yang bergerak mengelilingi Bumi mempumyai sifat yang sama. Setiap benda pada permukaan bumi merasakan gaya gravitasi.

3 komentar:

Embekkk mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Embekkk mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Embekkk mengatakan...

semua benda dalam alam semesta terhubung oleh jaringan yang dinamakan jaringgan gravitasi,jringn ini pertama kali dikemukakan oleh newton kira-kira 1 abat yang lalu. namun tahukah kamu bahwa sistem gravitasi itu sebenarnya telah di kemukakan Allah SWT dalam kitab sucinya Al-quraan 14000 thn silam?

"sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya tidak lenyap, dan sungguh jika keduanya lenyap, tidak ada seorng pun yang bisa menahannya kecuali Dia maha penyantun lagi,maha penganpun(Qs fathir[35]:41)

Al-quran menyebutkn adanya kekuatan yng menahan bumi dan langit agar tidk lenyap. dn kekuatan itulah yang disebut gaya gravitasi.

boleh jadiilmuan seperti newton bisa menghitung dan menyusun sebuah teori gravitasi tapi dia dan ilmuan-ilmuan yang lain tidak dapat menyimpulkan hingga saat ini kenapa atau bagaimana gaya gravitasiitu muncul dengan sendirinya sebelumperistiwa big bang,,,

itulah bukti kebenaran Al-quran dan islam. Al-quran adalah kitab suci sekaligus mu'jizat bagi umat yang mau berfikir rasional dan beriman kepada Allah,,,

semoga bermnfaat amin,,,

5c#o0L..........